Ulasan Daihatsu Ceria Bekas: Kelebihan dan Kekurangan – Review Lengkap

Aden Fauzi

Ulasan Daihatsu Ceria Bekas- Kelebihan dan Kekurangan - Review Lengkap

Daihatsu Ceria, mobil perkotaan dengan tubuh mungil, telah menjadi pilihan bagi banyak orang. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli, penting untuk mengetahui secara detail kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah ulasannya:

Kelebihan Daihatsu Ceria

  1. Manuver Lincah di Jalan Kota

Dengan dimensi yang kecil, Daihatsu Ceria sangat mudah untuk dikendarai di tengah kemacetan jalan raya kota besar. Kemampuan manuvernya yang lincah membuatnya menjadi pilihan tepat untuk berkendara di perkotaan.

  1. Tarikan Mesin Responsif

Mesin bensin 850 cc Daihatsu Ceria memberikan tarikan yang responsif, terutama pada putaran bawah. Ini membuat pengalaman berkendara di dalam kota menjadi lebih menyenangkan dan nyaman.

  1. Konsumsi Bahan Bakar Irit

Meskipun menggunakan teknologi yang lebih tua, Daihatsu Ceria tetap menjadi pilihan yang ekonomis dalam hal konsumsi bahan bakar. Dengan jarak tempuh yang mencapai 14-16 km/liter di dalam kota dan 17-18 km/liter di luar kota, Ceria menawarkan efisiensi yang baik.

  1. Fitur Lengkap untuk Masanya

Meskipun usianya sudah cukup tua, Daihatsu Ceria dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk masanya. Mulai dari AC, power window, wiper belakang, central lock, hingga radio tape, semua fitur tersebut telah tersedia untuk kenyamanan penggunanya.

  1. Perawatan Mudah dan Ekonomis

Perawatan Daihatsu Ceria sangatlah mudah dan ekonomis. Dengan struktur mesin yang sederhana, perawatannya hanya membutuhkan tune up dan penggantian oli secara berkala. Biaya perawatan yang rendah serta ketersediaan suku cadang yang masih melimpah membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis dalam jangka panjang.

Kekurangan Daihatsu Ceria

  1. Kabin Sempit

Salah satu kekurangan utama Daihatsu Ceria adalah kabin yang sempit. Hal ini dikarenakan konsep mobil ini sebagai city car berukuran mini. Meskipun mampu memuat 4 orang, namun ruang kabinnya terasa terbatas.

  1. Ketergantungan pada Karburator
Recomendation:  Perbedaan Spooring Balancing: Kenali Pentingnya Perawatan Suspensi

Daihatsu Ceria masih menggunakan sistem karburator, yang memerlukan tune up yang sering agar performa mesin tetap terjaga. Ini menjadi kekurangan karena pemiliknya harus rajin merawat agar mobil tetap dalam kondisi prima.

  1. Interior Sederhana dengan Material Standar

Interior Daihatsu Ceria terlihat sederhana dan menggunakan material yang standar. Tidak ada aksen yang mencolok atau material yang berkualitas tinggi, sehingga memberikan kesan yang kurang mewah.

  1. Tanpa Power Steering

Daihatsu Ceria tidak dilengkapi dengan power steering, yang dapat membuat pengemudi merasa kesulitan saat melakukan manuver. Meskipun tidak terlalu berat, namun kemampuan untuk memutar setir menjadi kurang responsif.

  1. Ketersediaan Suku Cadang yang Terbatas

Beberapa suku cadang yang jarang digunakan pada Daihatsu Ceria mulai sulit untuk ditemukan di pasaran. Hal ini dapat menyulitkan pemilik dalam memperbaiki mobilnya ketika terjadi kerusakan.

Kesimpulan

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Daihatsu Ceria tetap menjadi pilihan yang menarik untuk mobil perkotaan. Dengan harga yang terjangkau dan performa yang cukup baik, Ceria dapat menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang mencari mobil untuk digunakan sehari-hari di dalam kota. Namun, penting untuk mempertimbangkan baik-baik kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan untuk membeli.