Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Lama: Perbandingan & Tips Hemat

Aden Fauzi

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Lama- Perbandingan & Tips Hemat

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander lama versus yang baru memang menjadi perhatian banyak pengguna. Dengan peluncuran versi facelift pada November 2021, banyak yang menyebut bahwa versi lama, yang diproduksi antara tahun 2017 hingga 2020, memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Namun, apa sebenarnya perbedaannya?

Perbedaan Konsumsi BBM antara Xpander Lama dan Baru

Mitsubishi Xpander yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 menggunakan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan kapasitas 1.499 cc. Meskipun memiliki performa yang baik, konsumsi BBM dalam kota rata-rata sekitar 12 – 14 km/liter, sementara untuk pemakaian luar kota bisa mencapai 15 – 16 km/liter. Namun, perlu dicatat bahwa model awal ini menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan.

Faktor Transmisi dalam Konsumsi BBM

Salah satu faktor utama yang memengaruhi konsumsi BBM adalah jenis transmisi yang digunakan. Xpander lansiran awal menggunakan transmisi matic 4-percepatan torque converter, sementara model faceliftnya sudah beralih ke transmisi otomatis tipe CVT. Transmisi CVT cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan dengan transmisi konvensional.

Rekomendasi Penggunaan Jenis Bahan Bakar

Untuk menjaga performa dan efisiensi Xpander, disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan tingkat oktan yang sesuai. Mesin Xpander memiliki nilai angka kompresi sebesar 10,5 : 1, sehingga disarankan untuk menggunakan bensin RON92 seperti Pertamax dari Pertamina, Shell Super, atau Vivo 92. Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah dapat menyebabkan gejala knocking atau pengendapan kerak pada ruang bakar.

Kapasitas Tangki dan Biaya Isi Bensin

Kapasitas tangki bahan bakar Xpander mencapai 45 liter. Dengan harga pertamax saat ini sekitar Rp13.400 per liter, mengisi tangki dari kondisi kosong membutuhkan biaya sekitar Rp603.000. Meskipun tergantung pada harga bahan bakar yang berfluktuasi, pemilik Xpander perlu memperhitungkan biaya isi ulang secara berkala.

Recomendation:  Perbedaan Spooring Balancing: Kenali Pentingnya Perawatan Suspensi

Pilihan Varian dan Fitur Xpander

Xpander menawarkan beragam varian, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling mewah. Varian termurah, GLX, menawarkan fitur dasar dengan transmisi manual 5-percepatan. Sementara varian tertinggi, Ultimate, dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti ABS, EBD, dual SRS airbag, dan fitur kenyamanan seperti cruise control.

Kelengkapan Fitur dan Kemudahan Penggunaan

Meskipun Xpander tidak dilengkapi dengan sunroof, namun mulai dari varian GLS hingga Ultimate, mobil ini memiliki AC double blower yang efisien. Selain itu, terdapat banyak kompartemen penyimpanan yang ergonomis, serta fitur-fitur modern seperti power outlet di berbagai bagian mobil dan head unit layar sentuh dengan kualitas suara yang baik.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, pengguna Xpander dapat mengoptimalkan konsumsi BBM dan menikmati performa serta fitur-fitur yang ditawarkan oleh mobil ini. Dengan perawatan yang baik dan penggunaan bahan bakar yang tepat, Xpander dapat menjadi pilihan yang ekonomis dan nyaman untuk perjalanan sehari-hari.